Rabu, 01 Februari 2017

New Years New Me


Tahun baru, apanya yang baru ?
Dosa nya ? atau Amalannya ?

Tahun baru selalu identik dengan harapan dan semangat yang baru. Sebenarnya sebagai umat muslim harapan dan semangat baru ini bukan dimulai saat tahun baru masehi tapi saat tahun baru muharam lalu. Alhamdulilah keluarga lebih sadar untuk tidak merayakan tahun baru, cukup berkumpul dengan keluarga besar dan tidur seperti biasanya.

Kala itu saya bersiap untuk pulang ke kosan di Bandung, ditemani adik dan keponakan yang sudah tumbuh menjadi pemuda tanggung, ah rasanya seperti dikawal bodyguard. Kami bertiga berangkat dengan kereta, mereka ikut bersama saya hanya untuk menikmati sisa liburan sekolah di Bandung. 

Kala itu sebelum berangkat mamah memberikan bekal uang jajan untuk bertahan hidup sebulan, sedih rasanya melihat kondisi keuangan yang sekarang cukup sulit dan saya masih terus meminta. Semoga buah yang orang tua tanam cepat menghasilkan buah yang manis :)

First Time #BroSisGetaway


Hari kedua di awal tahun saya masih libur karena tempat pkpa nya lagi stok opname jadi belum bisa masuk. Hal itu saya manfaatkan untuk pergi mengajak adik dan keponakan mengunjungi suatu tempat di Bandung. Mereka ingin ke The Lodge, tempat yang saat ini sedang hits di Bandung. Kami pun merencanakan semuanya dan saya beranggapan kalau besok akan sepi karena weekday

Dasar anak laki yang suka begadang ya alhasil susah bangun pagi, daripada nunggu mereka bangun mending saya cuci baju. Setelah semuanya beres kami bergegas memesan mobil online. Singkat cerita kami sudah melaju di jalanan Bandung dari sekitar jam 12. Saya pikir akan sampai jam satu siang tapi ternyata jalanan bandung macet kala itu apalagi di daerah dago atas, aduh udah kesel pengen cepet nyampe rasanya, terlebih supir nya terlihat bete. 

Sampai di The Lodge Maribaya sekitar jam 14.30, DANG!!! Ramai sekali dan saya baru ingat kalau minggu itu masih masa libur anak sekolah dan cuti bersama para pegawai. Ya sudahlah kita nikmati, sampai di parkiran kita mendengar bahwa tiket wahana sudah habis terjual. Fyi, di The Lodge ada beberapa wahana yang memang diharuskan membayar lagi di luar tiket masuk seperti sepeda gantung, ayunan gantung, teras pohon ala kulonprogo. Saya tidak tahu tepatnya yang pasti diatas 15.000. Jadilah kami hanya membeli tiket masuk, di dalam ternyata lebih ramai dan kami hanya berfoto di beberapa spot. Ah sayang sekali. 

Karena sudah sore dan kala itu seperti akan hujan kami pun mencoba memesan mobil tapi driver mana sih yang mau ambil orderan ke tempat sejauh ini udah gitu ongkosnya cuma 54.000 lagi. Akhirnya kami memutuskan untuk pulang dengan angkot dan memesan mobil di daerah setiabudhi.

WellFirst time #BroSisGetaway was failed.


Hari Pertama PKPA

PKPA (Praktek Kerja Profesi Apoteker) bulan pertama ini saya ditempatkan di bidang distribusi sediaan farmasi atau PBF (Pedagang Besar Farmasi), tepatnya di salah satu pbf terbesar di Bandung.

Saya dan teman-teman masuk di hari ketiga Januari karena hari sebelumnya gak ada kegiatan operasional. Hari pertama seperti biasa diperkenalkan dengan sejarah perusahaan lewat sebuah video company profile. Cukup mengenal sejarah kami pun berdiskusi dan melanjutkan pembahasan jobdesc seorang apoteker penanggung jawab di pbf.

Usai menguraikan jobdesc, pelajaran yang saya dapat adalah ternyata jadi Apoteker Penanggung Jawab pbf itu enak ya tapi dibalik itu semua ada tanggung jawab berat yang dipikul. Kegiatan operasional tidak akan berjalan tanpa keputusan dari seorang apj, seorang apj harus mampu melaksanakan jobdesc dan tanggung jawab nya dengan baik, termasuk mentaati regulasi yang berkaitan dengan pekerjaannya. Ternyata ada sebuah dilema menjadi apj tapi itu semua kembali lagi pada keyakinan dan sumpah profesi yang telah diucapkan. 

Well, pelajaran hari ini adalah dibalik orang sukses ada sebuah kerja keras untuk mencapainya, dibalik jabatan yang tinggi pasti ada tanggung jawab berat yang ia pikul.


Masya Allah Salah Jalan 

Tanggal 12 lalu saya berniat main sekaligus hunting ngajak 'anak hits kampus pada masanya'. Dewi, ya hello again dew. Niatnya mau ke the lodge biar asik lewat palintang tapi maps ngarahin via pasir impun, melaju lah kita melibas jalan rusak tanpa ragu padahal ban motor udah tipis. Melewati perkampungan warga yang sesekali saya bilang "kayak udah pernah lewat deh waktu itu" karna emang dulu pernah ke daerah palintang, sampai lah kita di ujung jalan dan saya pun heran karena kami akan menghadapi jalan tanah yang hanya cukup satu motor itu pun gak layak, seperti jalan yang udah dilewati motor cross dan jauh di depan adalah perkebunan warga.

"Hah ini serius jalan nya ?" tanyaku kaget. 
Teman ku pun memastikan maps, "ya ini di maps nya gini, masih jauh loh ke the lodge"
Kami kebingungan dan mencoba mencari kebenaran.

Saya mencoba bertanya untuk memastikan kalau jalannya bisa dilewati.
"Pa upami tidieu tiasa tembus ka lembang?" tanyaku
"Atuh tembus sih tembus neng ngan teu tiasa liwat motor, awon jalan na taneuh hungkul upami bade mah ka palintang"
DANG!!! Masya Allah udah jauh jauh ternyata gak bisa dilewatin dan daerah itu bukan palintang.
Teman ku bilang, "kamu sih so so an explore"

Kami pun turun dan mencoba mencari jalan yang benar. Di tengah turunan yang jalan nya rusak saya berusaha menghindari lubang di kanan motor dengan belok ke kiri lalu kanan lagi namun ternyata karna kurang seimbang motor pun oleng ke kanan dan jatuh. 
Saya langsung berdiri dan teman saya nemplok di punggung. Sungguh adegan jatuh terkonyol. Alhamdulillah saya dan motor tidak terluka sedikit pun hanya saja menyisakan lecet di kaki teman saya. Karena dikhawatirkan ada orang yang lewat dan gak tau mau simpan muka dimana maka bergegas lah kami menuju tujuan lain. Perjalanan pun berlanjut dan timbul kekonyolan lainnya. What a funny life. Tapi jadinya kita hanya sanggup untuk pergi ke salah satu vihara di Lembang dan Ke Nuart Sculpture Space. It's nice to see u again dew, maaf lukanya.


Hey ada foto saya...

Tanggal 14 lalu saya menghadiri kuliah tamu yang diselenggarakan oleh kampus. Kala itu pemateri terakhir adalah tentang penampilan yang disampaikan oleh seorang sarjana psikologi. Di awal saya melihat cover slide yang akan disampaikan. 

Ialah foto diatas, Hey ada foto saya disitu, ya itu adalah foto hasil jepretan saya menggunakan kamera prosumer fujifilm tapi lupa tepatnya tahun berapa. Ada rasa bangga tersendiri walaupun bagi orang lain adalah hal yang biasa saja. Ada tanda hak cipta saya disitu walau mungkin orang lain tidak melihat.

Saya senang karena ternyata saya punya karya walaupun gak seberapa (:

Res(v)olusi 2017

Lulus Apoteker
Semoga lulus sesuai yang direncanakan yaitu sekitar bulan Agustus, semoga lebih giat dan rajin lagi untuk mencapai kelulusan nya.

Hatam Al-quran Minimal 2 kali
Tahun lalu cuma bisa hatam sekali tapi tahun ini minimal dua kali tapi berharap lebih (:

Baca Buku Minimal 12 Buku
Tahun lalu hanya mampu membaca dua buku, kedul banget ya kan ? Saya canangnkan minimal satu buku perbulan.

Melanjutkan Bisnis
Ya bisnis yang sedang berjalan sekarang Insya Allah bulan Maret tepat satu tahun, semoga terus bertahan dan berkembang dengan baik.

More Stuff
Banyak yang saya inginkan, baik benda ataupun sebuah perjalanan. Semoga lebih giat dalam menabung dan teralisasi.

More Challengging
Saya gak pengen tahun ini berjalan dengan biasa aja karena hidup cuma sekali You live only once. Jadi saya akan membuat beberapa tantangan untung saya lakukan sendiri.

Be Productive
Banyak yang ingin saya lakukan tapi berakhir hanya menjadi sebuah ide tanpa realisasi, cukup tahun lalu seperti itu.

Consistent
Saya menemukan konsisten pada diri setiap orang sukses, baik konsisten terhadap waktu yang ia luangkan untuk membuat sebuah karya atau konsisten terhadap karya yang ia buat sehingga hasilnya ia mendapatkan kesuskesan yang ia inginkan. Untuk itulah saya akan mencoba konsisten dengan apa yang saya lakukan.

Be Healthy
Saya menyadari kalau obesitas adalah ancaman yang sangat berbahaya untuk hari tua, gaya hidup yang kurang baik menjadi pemicu seseorang menderita suatu penyakit. Maka dari itu demi hidup yang lebih baik saya akan konsisten berolahraga dan menjaga asupan makanan.

Spending more time with people around me
Menjadi berharga untuk orang lain yang jelas jelas tidak menganggap keberadaan kita adalah hal yang sia-sia, untuk itulah luangkan waktu mu untuk mereka yang ada disekitar mu dan menghargai keberadaanmu.

2017 will be awesome (:

Mengantarkan Kebahagiaan

Ada yang punya mimpi mengujungi museum geologi. Sederhana ? Bagi orang lain adalah hal yang sepele tapi bagi dia adalah suatu kebahagiaan. Yak, cewek strong 2017 yang bermimpi mengunjungi museum geologi karena ingin melihat tyrex.

Tanggal 19 lalu saya mengantarkan dia ke museum geologi, ada yang kesenengan, Saat itu sedang ada kunjungan siswa sd dan smp jadilah kita seperti dua diantara mereka malah cocok untuk menjadi pemandu. It's nice to see peoples happy because of me.

Wanita Tegar


Luka mu perlahan sembuh

Senyum mu perlahan merekah
Meskipun mungkin rasa sakit masih tersisa
Buang pedih mu, maafkan dia yang lalu
Berbahagialah dengan cintamu yang sekarang
Biarlah orang berkata buruk tentang mu karena kau bukan hidup untuk mereka
Jalanilah apa yang ada di depan, bagaimana pun aku mendukung mu
-Sepupu mu-


Masa Tua

Saya sering menemukan kakek atau nenek yang sudah renta namun masih semangat mencari nafkah dengan berjualan. Seharusnya mereka diam di rumah, menikmati masa tua dengan anak dan cucu nya, tak perlu memikirkan susah nya hidup. Saya rasa hal itu menjadi keinginan semua kakek nenek dan orang tua kita yang sudah renta, tapi karena satu dan lain hal untuk mencukupi kebutuhannya maka mereka harus bekerja keras, ada yang sadar kalau mengemis adalah pekerjaan yang kurang baik untuk itulah banyak dari mereka lebih memilih berdagang. 

Tak seperti kebanyakan pedagang lain yang memiliki kekuatan lebih untuk menjajakan barang dagangannya dengan gesit, berteriak untuk mendapatkan pelanggan atau hal lainnya untuk menarik minat pembeli, mereka hanya mampu berdiam di satu tempat, menggelar dagangannya dan menunggu orang lain membelinya. Bukannya tidak mau tapi tenaga nya sudah tidak seperti mereka.

Karena hal itulah terkadang barang dagangannya tidak laku bahkan dalam sehari tidak ada yang membeli, kalau sudah begitu tidak ada aktivitas memasak di dapur, harus kembali berpuasa untuk menahan lapar. Sang anak mungkin tidak bisa apa-apa karena sakit dan memiliki nasib yang sama, atau bahkan mereka sudah tiada mungkin juga mereka tidak peduli dengan orang tuanya dan sedang sibuk dengan keluarganya.

Ada perasaan sedih jika melihat mereka yang sudah renta berjuang untuk sesuap nasi bahkan saya merasa bersalah ketika hanya melewati mereka tanpa mampu membeli apa yang mereka jual, ingin rasanya membantu mereka mendapatkan kehidupan yang layak, melihat mereka tersenyum di hari tua nya. Tapi apa daya saya ?

Setiap melihat mereka saya langsung teringat orang tua dan kakek nenek di rumah, mereka akan menua sama seperti mereka, apakah akan mengalami hal yang sama ? Suatu janji memberikan kehidupan yang layak untuk mereka di rumah harus terpenuhi suatu saat nanti (:

Teruntuk teman-teman yang sering bertemu sosok seperti mereka bantulah dengan membeli barang dagangannya walaupun mungkin kalian tidak butuh tapi niatkan untuk membantu jikalau memiliki rezeki lebih jangan lupa bersodaqoh (:


Januari pun berakhir, banyak pelajaran yang dapat saya ambil dari bulan ini.
Terima kasih.



0 komentar absurd:

Posting Komentar

Sebaik-baiknya blogger adalah yang meninggalkan jejak komentar saat blog walking -HR Blogger
Jangan jadi fast reader!