Pinhole Day

4:04 PM

Tanggal 27 April 2014 lalu saya habiskan di Balai Kota Bandung. Hari itu merupakan hari yang bersejarah bagi dunia fotografi yang berbasis pada Kamera Lubang Jarum(KLJ), International Pinholeday #salam5jari. Perayaan Pinhole Day dilakukan dengan mengadakan Workshop dan Hunting Bareng dengan KLJ. Nah, kota Bandung merayakan Pinholeday dengan kegiatan Workshop dan Hunting menggunakan KLJ sekaligus kegiatan Donor darah yang bekerjasama dengan PMI Bandung. 

Buat yang belum tau KLJ itu apa mari kita bahas sedikit. Kamera Lubang Jarum a.k.a Pinhole Camera adalah alat rekam gambar yang menggunakan lensa dengan ukuran sebesar lubang jarum, Loh gimana caranya sebesar lubang jarum bisa motret ? Terus kamera nya beli dimana ? Harganya berapa ?
Buat punya KLJ kita gak perlu beli soalnya gak akan ada yang jual, jadi kita bikin sendiri dari barang-barang bekas kayak kaleng bekas rokok, tetrapack, bekas susu kotak, pipa paralon, dll.
Terus gimana ceritanya bisa jadi kamera ?
Jadi, di KLJ ini harus ada ruang gelap, media, lensa. Ruang gelap harus bener-bener gelap gak ada cahaya sebagai tempat menyimpan media. Media berupa kertas foto atau roll film, kalau kertas foto pakai yang negatif dan itu sensitif terhadap cahaya. Lensa nya dibuat dari alumunium foil atau bahan dari bekas kaleng minuman seperti yang berinisial pocari sweat, terus dilubangin sama jarum cukup satu lubang aja dan harus pas gak kebesaran atau kekecilan. Mekanisme KLJ itu kayak pelajaran fisika tentang optik waktu smp, lebih lengkapnya kamu bisa buka ini. 

Balik lagi ke acara pinholeday, kali itu koffi diundang untuk hadir, jadilah saya anis kang fajar dan kang al hadir hari itu. Sekitar jam setengah delapan kita sampai di tempat, langsung cari-cari penampakan orang-orang nya kebetulan di waktu yang sama ada acara lain di Balai Kota. Singkat cerita setelah mencari kita ketemu sama Kang Roni dan Kang Rey Bachtiar ternyata lagi persiapan. Sekitar jam 9 acara dimulai, pertama ada sambutan dulu dari kang rey tentang makna pinhole.
“Tubuh kita itu ibarat kamera analog, kalau tidak digunakan dan dilatih pastinya akan kaku. Itulah makna dari perayaan pinholeday menurut Kang Rey Bachtiar Dradjat.”

Kang Ray Bachtiar Drajad, Dedengkot KLJ
Komunitas foto yang tergabung saat itu ialah Blackhole UPI, Komunitas foto aleut, KLJI Bandung, KLJI Subang, Koffi STFB.
Acara nya dimulai dengan workshop dan hunting menggunakan klj disekitaran Balai Kota. Setelah penjelasan singkat tentang klj lalu dibagikan klj dari kaleng bekas rokok, bikin lensa nya. Keren kan kamera sama lensa aja dikasih gratis gak usah beli, that’s why klji bandung kaya haha
kamera lubang jarum a.k.a KLJ

Kang Ivan, salah satu dedengkot KLJ Bandung
Antusiasme yang hadir pada pinholeday
Usai meng-ekspos (istilah mengambil gambar dengan KLJ) para peserta langsung mencetaknya di ruang gelap. Ruang gelap ini bisa memakai wc, dus kulkas, atau lainnya asal tidak ada cahaya sedikit pun dan hanya ada lampu merah dalam ruangan tersebut. Kalau KLJI Bandung ruang gelapnya kayak gini nih, bisa bongkar pasang.



Dan ini hasilnya, btw ini hasil orang lain bukan punya saya :D
Hasil gambar KLJ itu berupa gambar negatif, kaya foto dibawah ini, selanjutnya kamu bisa edit foto tersebut dengan meng-invert nya.
 Hasil foto yang sudah diinvert



Usai mencetak hasil hunting dengan KLJ ternyata turun hujan, alhasil semuanya beresin barang-barang. Gak lama reda saya dan anis pamit pulang duluan karna udah berencana mau pulang ke rumah.
Bagi saya pinholeday bukan hanya sekedar perayaan tapi juga sebagai ajang silaturahmi antar komunitas KLJ maupun fotografi lainnya. Alhamdulilah jaringan pertemanan koffi bisa sampai keluar kampus.  
Happy Pinholeday, mari melihat indahnya dunia dari lubang sebesar jarum. #Salam5Jari

Sebelum kang rey menghilang wajib foto dolo

gak akan nemu muka saya

You Might Also Like

4 komentar absurd

  1. Baru tau kalo bisa jepret dari selobang jarum..
    jadi pingin nanya nih.. Jepretnya gimana? kan gak ada tombol jepretnya -__-

    BalasHapus
  2. jadi pengen tau cara buatnya lebih jelas haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. karna ada yang antusias, anytime saya kasih tau lebih lengkap tentang pinhole camera :D

      Hapus
  3. masih bingung, yang di dalem kain hitam itu ada apaan aja?

    BalasHapus

Sebaik-baiknya blogger adalah yang meninggalkan jejak komentar saat blog walking -HR Blogger
Jangan jadi fast reader!