Lebaran dengan segala tradisinya

10:45 PM


Allahuakbar...Allahuakbar....Allahuakbar
Laailaahaillahuallahuakbar....Allahuakbar...Walilahilham...

Untuk setiap akhir slalu ada awal baru yang indah, Alhamdulilah kita masih diberi kesempatan bertemu dengan bulan ramadhan yang penuh rahmat dan ampunan juga dapat kembali ke fitri di hari raya idul fitri 1435H ini. Berhubungan dengan itu saya dan keluarga mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1435H, mohon maaf lahir dan bathin.

Di setiap idul fitri slalu ada tradisi yang biasa dilakukan, coba deh tradisi apa aja sih yang slalu ada di setiap lebaran.
Baju lebaran
Menurut saya ini pasti jadi yang utama bagi semua masyarakat di Indonesia, lebaran tanpa baju baru pasti bakal terasa aneh. Padahal esensinya idul fitri adalah hati yang bersih untuk saling memohon maaf dan memaafkan. Waktu kecil saya slalu pengen baju lebaran tapi ketika beranjak dewasa hasrat buat beli baju lebaran perlahan berkurang bahkan udah gak minat #Yailahhasrat.
Mudik
Udah jadi tradisi yang wajib dilaksanakan bagi yang punya kampung halaman, karna momen lebaran idul fitri ini jadi waktu yang tepat untuk berkumpul bersama keluarga besar. Bahkan ada yang bilang 'mangan ora mangan sing penting mudik' yang berarti mudik itu lebih penting daripada perut. Kalo saya gak mudik karna kampung halaman nya deket jadi pas lebaran beres shalat-silaturahmi-pergi ke kampung halaman buat kumpul di rumah nenek yang nantinya penuh sama anak cucu. Kalo kamu mudik gak ?
Makanan
Ketupat atau makanan khas lebaran lainnya jadi pelengkap di hari lebaran. Jangan percaya ketika mamah bilang 'gak akan masak pas lebaran, mahal daging nya' padahal mah tetep masak. Biasanya mamah masak rendang daging, opor ayam, soto saka(sakainget), es bulbul, kalo di rumah kamu masak apa ?  
Petasan
Pesta petasan dan kembang api biasanya pas malam takbiran, menurut saya ini tradisi yang buruk karna selain buang-buang uang juga membahayakan, iyalah. Gimana kalo ternyata ada yang kebakaran karna saking rame nya yang maen petasan sama kembang api, yang ada besoknya gak akan bisa ikut lebaran. Plis daripada bakar-bakar uang mending pergi ke masjid buat takbiran. 

Nah, tinggal pilih aja deh mana tradisi yang baik dan buruk, yang baik dilanjutkan tapi yang buruk mending ditinggalkan. Jadi tradisi lebaran di tempat kamu gimana ?

You Might Also Like

2 komentar absurd

  1. saya pasti mudik dong hehehe soalnya masih jadi perantau..
    baju lebaran sih gak baru-baru amat tapi kalo soal makanan hmmm sehari bisa beberapa kali makan tuh..

    maklum proses memakmurkan perut cuma bisa dilakuin pas di rumah :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak beda jauh lah sama anak kuliah yang ngekos hehe

      Hapus

Sebaik-baiknya blogger adalah yang meninggalkan jejak komentar saat blog walking -HR Blogger
Jangan jadi fast reader!