ngayogyakarto

4:10 PM

Usai menghabiskan waktu sehari semalam di wonosobo perjalanan kami berlanjut ke jogjakarta, bis ¾ dari pasar kretek dengan ongkos 12.5K mengantarkan kami menuju terminal di magelang dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam dilanjutkan dengan bis jurusan magelang-jogja-semarang sekitar 2 jam seharga 10K dan kami pun sampai dengan selamat di terminal giwangan jogja. Dari terminal lanjut naik trans jogja 3K nomor 3A dengan transit terlebih dahulu di bandara lanjut 1A menuju tujuan kami yaitu Candi Prambanan. Usai naik trans jogja kami pikir menuju prambanan masih jauh jadilah kami memutuskan naek bentor 10K padahal kalau jalan kaki gak jauh banget, sial. Sampai di prambanan shalat dan makan dulu seharga 13K, masuk candi dengan tiket masuk seharga 30K. Candi prambanan merupakan candi tercantik di dunia, candi ini baru pertama kali saya kunjungi karna biasanya pergi ke candi borobudur, indah arsitektur nya dan slalu berpikir bahwa orang-orang jaman dahulu itu lebih keren karna bisa membangun candi sebesar ini. Sayangnya saat itu candi paling besar lagi direnovasi. Sekitar jam 4 kami bergegas meninggalkan candi untuk dilanjutkan menuju malioboro.

Perjalanan ke malioboro dengan trans jogja lagi nomor 1A turun di shelter malioboro 1. Ada kejadian lucu dan memalukan saat mau turun, jadi depan saya duduk ada ibu-ibu berdiri ketika saya turun dan ibu itu menempati tempat duduk saya ransel malah gak bisa dibawa karna nyangkut sama tali yang entah tali apa tapi ada di rok nya ibu tsb, sontak saya panik karna disuruh buru-buru turun dan yang mau naik banyak, goks itu konyol banget.
Sampai di malioboro kami mencari hotel pantes, hotel murah yang terletak di sekitaran jogja dengan rate 85-140K, beruntung saat itu sisa satu kamar dengan harga 110K isi fan dan dua tempat tidur tapi kamar mandi diluar. Usai mandi dan beres-beres kami pergi jalan-jalan malam di malioboro, pulang jam 22.00 langsung tidur. Esoknya kami berniat menjelajahi pantai-pantai di gunung kidul tapi karna gak tau jalan dan belum ada persiapan kami membatalkannya dan mengganti dengan jalan-jalan di sekitaran kota jogja.
Jelajah kami saat itu ke benteng vredeburg dengan tix masuk 2K tapi saat itu lagi ada acara jadi ramai, lanjut ke kraton jogja dengan tix masuk 5K dan izin foto/video 2K, usai dari kraton kami lanjutkan ke tamansari, masuk lewat perkampungan warga langsung menuju masjid bawah tanah, tempat yang saya incar untuk foto khas ala instagrammer gitu deh. Dilanjut ke kerajaan air yang ada di depannya dengan tix masuk 5K, dari awal masuk mesjid bawa tanah kami ditemani guide tapi saat mau pulang malah hilang, kasian belum dapet tip semoga ketemu dilain waktu.

Puas menjelajah ketiga tempat tersebut kami naik becak seharga 20K menuju tempat oleh-oleh dan penginapan karna harus check out  jam 14.00, dari penginapan kami langsung menuju ke stasiun tugu karna barang bawaan berat akhirnya memutuskan naik becak 15K. Dari sekitar jam 14.00-19.35 kami menunggu di stasiun, niatnya mau titip barang terus maen lagi tapi males udah capek. Jam 19.44 kami naik kereta bisnis lodaya malam menuju terminal kiara condong seharga 185K. Sekitar jam 03.30 kami sampai di terminal kiaracondong, usai shalat subuh perjalanan pulang dilanjutkan dengan naik angkot ke depan kosan seharga 5K. Sampai di kosan melanjutkan tidur karna jam 13.00 harus kumpul koffi.

Jelajah kota jogjakarta gak cukup sekali dua kali kalau memang sebentar di jogja nya, next time saya akan kembali ke jogja entah itu sama partner lain, mamah, atau sendiri :)