4 Tempat Wisata di Bandung Selatan

5:52 PM



Bandung bukan melulu tentang factory outlet yang ada di pusat kota, tapi lebih dari itu Bandung masih menyimpan banyak wisata alam yang wajib dikunjungi jika sedang berakhir pekan atau berlibur di Bandung. Bandung terdiri dari empat kabupaten, yaitu Bandung Utara, Selatan, Barat dan Timur. Kali ini saya coba rangkum mengenai tempat wisata yang wajib di kunjungi di Bandung Selatan meliputi kawasan ciwidey.

Kawah Putih


Salah satu tempat yang paling banyak dikunjungi di Ciwidey. Kawah putih merupakan sebuah danau yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha, warna airnya putih kehijauan dan tanah nya berwarna putih, disekitar kawah ada kawasan hutan cantigi dan di pinggir kawah mirip hutan mati seperti di gunung papandayan. Tiket masuk kawasan ini bagi kendaraan roda dua (termasuk tiket masuk kawasan wisata, parkir, ongkos ontang-anting PP), bagi kendaraan roda empat atau lebih (termasuk tiket masuk kawasan wisata, parkir kawasan bawah dan atas). Bagi yang membawa kendaraan roda dua, motor tidak boleh dibawa ke atas (dekat kawah putih) maka dari itu ada biaya untuk ontang anting (angkutan yang membawa ke kawasan kawah putih).

Kebun teh Rancabali


Dari pintu keluar kawah putih lalu belok kiri, kamu akan melewati hamparan kebun teh, salah satu nya kebun teh rancabali yang berada di pinggir jalan. Semua nya hijau menyejukkan mata, adem pokoknya. Wisata ini gratis!

Situ Patengan


Situ patengan atau situ patenggang ini cocok untuk berwisata keluarga karna suasana nya yang sepi dan sejuk. Situ ini lebih mirip dengan situ wanayasa di Purwakarta, ada pulau di tengah-tengah situ. Ketika berkunjung kesini bisa menikmati situ dengan hanya duduk-duduk saja di bale-bale atau naik perahu dan bebek-bebek an mengitari situ. Tiket masuk kawasan ini sudah termasuk tiket perorang dan kendaraan tapi tidak termasuk biaya parkir dan penitipan helm.

Kawah Rengganis


Lebih jauh lagi dari kawasan situ patenggang selanjutnya ada wisata pemandian air panas kawah rengganis. Air panas nya langsung dari kawah bukan seperti kolam pemandian air panas lainnya. Rasa penat dan capek menjalani rutinitas sehari-hari akan terbayar dengan hangat nya air yang memanjakan tubuh. Tapi sayangnya tempat mandi nya masih menyatu cewek dan cowok dan terbuka.

Nah, gimana tertarik untuk berakhir pekan di Bandung Selatan ? Jangan lupa untuk membawa pakaian hangat karna udara disana cukup dingin.

Postingan ini akan terus diperbaharui seiring bertambah nya tempat yang telah saya kunjungi di Bandung Selatan. Bagi pembaca yang mempunyai cerita tempat wisata di Bandung Selatan selain tempat diatas, silahkan kirim cerita ke e-mail saya e.karoh.aniah@gmail.com beserta foto-foto. Terima kasih :)

You Might Also Like

7 komentar absurd

  1. Selain kawah putih semua udah pernah mampir. :)

    Kemarin mau ke kawah putih tapi lagi hujan, akhirnya di hotel aja :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah ada rekomendasi tempat lain selain diatas ?
      iya kemarin juga sempet ujan pas di kawah nya.

      Hapus
  2. wahh, thanks nih rekomendasi tempatnya. saya paling pernahnya ke kawah putih.
    kalau nginep, di pasir kaliki :)
    kawah rengganis dicatat! lain kali kalau ke bandung harus dateng ke tempat ini..

    btw, followback blog dong :)
    hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama :)
      iya wajib ke rengganis tuh bro!

      Hapus
  3. Wah pas banget minggu depan ane mau ke bandung. Mungkin kalo sempet bakal ke beberapa tempat disitu. Thanks rekomendasinya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama bro :)
      ini masih dikit, masih banyak lagi sebenernya.

      Hapus

Sebaik-baiknya blogger adalah yang meninggalkan jejak komentar saat blog walking -HR Blogger
Jangan jadi fast reader!