Challenge accomplished : KTI

2:43 AM


Assalamu'alaikum....

Merasa sedikit berdosa ninggalin blog untuk waktu lama karna satu hal yang lumayan menguras jiwa raga dan isi dompet, iya kti. Dikasih waktu pengerjaan memang lama sekitar lima bulan tapi dari lima bulan saya cuma butuh waktu sekitar tiga minggu untuk ngerjain kti sampe beres, itu pun bulan terakhir diberesinnya. haha
Kti emang sebatas penelusuran pustaka tapi ternyata gak segampang itu, ada beberapa tahap yang mesti saya lewati sampai akhirnya beres. Challenge accomplished !


Tahap Awal
Alhamdulilah masuk rubi sesuai yang dipilih yaitu farmasetika, dapat dosen pembimbing yang baik dan salah satu dosen favorit yang lebih penting adalah dosen tetap di kampus jadi gak usah susah-susah nemuin dosen ke kampus lain. Bimbingan pertama cukup antusias karna udah punya tema yang akan diajukan, tapi ternyata setelah dapat pengarahan akhirnya saya dikasih tema sama dosbing, yaitu inovasi sediaan baru mikroemulgel. Bimbingan selanjutnya saya harus udah dapat jurnal yang bahas tentang tema tsb. Agak mbandel baru dapet jurnal nya beberapa jam sebelum bimbingan, alhasil bimbingan kedua kosong gak dapet apa-apa. Bimbingan ketiga alhamdulilah udah sedikit banyak paham tentang mikroemulgel, lalu konsultasi untuk zat aktif yang akan dipilih. 
Tahap Pertengahan
Diawal saya udah punya target harus beres sebelum kkl yaitu sebelum tanggal 12 mei, tapi karna saya melanggar alhasil pas kkl tiba saya belum beres. Bimbingan keempat saya bolos gak bareng sama temen-temen lain. Ditahap ini saya lumayan bingung dan hampir putus asa karna jalan ditempat yaitu mencari zat aktif yang akan dipilih, bukan karna ditolak sama dosbing tapi susah nemu yang sesuai dengan persyaratan untuk zat aktif yang bisa dibuat mikroemulgel. Sempet curhat sama dosbing(didalam hati nangis pas curhat) tentang kesulitan saya dan beliau bilang "gak perlu dari bahan alam, yang sintetis juga gak apa-apa", tapi saya masih pengen cari dan nemuin bahan aktif yang cocok dari bahan alam. Kalau lagi sulit kayak gini hal pertama yang harus dilakukan adalah perbanyak shalat dan do'a kepada Allah. Setelah curhat sama Allah, Alhamdulilah dapet pencerahan.
Disaat sebagian orang udah beres dan tidak berurusan lagi dengan kti nya atau yang belum beres pun tinggal tahap akhir, saya masih ngurusin bahan aktif yang bakalan dipilih. Di tahap ini saya dapat hikmah, saya harus hilangkan ego untuk cepat selesai karna Allah punya rencana lain, saya masih harus banyak mempelajari tentang bahasan yang dipilih karna harapannya ini gak cuma berakhir di penelusuran pustaka tapi bisa berlanjut ke tugas akhir, untuk itu Allah kasih waktu buat saya lebih lama. 
Tahap Akhir
Setelah dapat zat aktif yang bisa dibuat sediaan tsb saya langsung bimbingan dan nyerahin draft teori-teori yang mencakup bahasan. Draft diterima, langsung ngebut ngerjain pendahuluan sama tinjauan pustaka-bimbingan-revisi-kerjain revisian sampe pembahasan-bimbingan-revisi-kerjain revisian sampe kesimpulan-revisi-kerjain revisian sampe abstrak-acc kti dan lembar pengesahan. Challenge accomplished!

Alhamdulilah, tinggal daftar online sidang sarjana muda (ssm).

Challenge ini didukung penuh oleh Allah SWT, Orang tua, Dosen pembimbing, dan sahabat. Disponsori oleh hasrat ingin mudik karna udah libur uas.

You Might Also Like

0 komentar absurd

Sebaik-baiknya blogger adalah yang meninggalkan jejak komentar saat blog walking -HR Blogger