Flinstone di Padalarang

10:04 PM

Hamparan bebatuan di taman batu
“Duh, masih jauh gak ?” tanya temanku, yang ku jawab dengan nafas yang tak teratur iramanya. Pertanyaan yang haram ditanyakan ketika pergi ke suatu tempat atau mendaki gunung dan bukit. Aku berjalan memimpin di depan berharap setiap tanjakan yang ku naiki akan berakhir tapi ternyata masih ada beberapa lagi. Hehoh, itulah pengalaman ku menuju Stone Garden yang akhir-akhir ini lagi ramai diperbincangkan.

Saya berangkat dengan empat orang lainnya dari kosan Soekarno Hatta Bandung, melewati Cimahi kemudian menuju jalan utama ke Cianjur via Padalarang. Berangkat sekitar pukul delapan pagi dan sampai di situs goa pawon sekitar jam 09.30, membayar biaya masuk sebesar 5.5K dan parkir motor 2K, kami langsung berjalan mendaki jalan setapak yang biasa digunakan warga menuju Taman Batu. Letak taman batu ini berada diatas goa pawon, jadi gak ada salahnya untuk mengunjungi goa pawon jika berkunjung ke Taman Batu. Alternatif lain selain melalui goa pawon bisa juga melalui jalan belakang pabrik kapur yang entah sebelah mana tempatnya. Sebelumnya saya sudah pergi ke goa pawon baca cerita sebelumnya, tapi karna waktu itu anis dan apoy kakinya lecet maka saya urungkan niat untuk ke taman batu.

Usai mendaki kami beristirahat sebentar di warung di persimpangan, yang jika belok kiri menuju taman batu dan belok kanan menuju pabrik kapur. Karna taman batu ini sudah banyak yang mengunjungi maka ada biaya retribusi sebesar 3K untuk kebersihan dan keamanan. Tak jauh dari warung maka sampailah kita di Taman Batu.

Hamparan bebatuan di bukit yang cukup luas membuat tempat ini eksotis. Seperti berada di jaman batu dalam film Flinstone. Kala itu taman batu cukup ramai karna ada acara warga setempat tepat sebelum masuk tempat ini, jadi piknik lah mereka di taman batu sembari botram hehe

Ada beberapa batu yang cukup besar dan tinggi menjulang, adrenalin saya memuncak untuk menaiki batu-batu tersebut, aneh padahal saya takut ketinggian. Dari bebatuan tinggi ini kita bisa melihat pemandangan hijau persawahan di daerah sekitar, dari kejauhan terlihat kepulan asap yang berasal dari pabrik-pabrik batu dan kapur. Ngeri juga sih liatnya apalagi dibarengi keadaan gunung disekitarnya yang habis untuk dikeruk pasir dan bebatuan nya.
bonus foto saya

Puas menikmati taman batu selama kurang lebih dua jam kami pun mulai turun karna langit terlihat gelap pertanda akan hujan. Di bawah sembari saya menikmati bakso, anak-anak cowok pergi ke goa pawon tapi gak lama beberapa menit mereka sudah kembali karna gak kuat sama bau dari kotoran kelelawar.