Challenge This Semester : Karya Tulis Ilmiah

1:11 AM


Seperti yang udah saya ceritain sebelumnya kalau di kampus tempat saya menimba ilmu ini ada kurikulum yang mengharuskan kita mengikuti Sidang Sarjana Muda(SSM) bagi mahasiswa S1 semester 6, syaratnya kita harus membuat Karya Tulis Ilmiah(KTI). Kalau di kampus lain KTI adalah syarat kelulusan untuk yang ngambil jenjang D3 tapi di kampus saya tercinta ini bagi jenjang S1 diharuskan untuk SSM dengan membuat KTI, tujuan pembuatan KTI ini adalah sebagai latihan sebelum kita melaksanakan Tugas Akhir 1 dan 2.

KTI ini mencakup mengenai teori-teori nya belum nyampe ke penelitian atau dengan kata lain studi penelusuran pustaka, kalau udah ke Tugas Akhir 1 bisa melanjutkan dari KTI kalau kita gak akan rubah judul, Tugas Akhir 2 baru deh penelitian nya. Kalau di kampus lain yang jurusan farmasi peminatan bidang untuk tugas akhir itu dinamakan Kelompok Bidang Studi #CMIIW, kalau di kampus saya namanya Rumpun Bidang Ilmu(RUBI). Ada 5 RUBI yang bisa dipilih untuk KTI dan gak boleh rubah sampai nanti Tugas Akhir, yaitu Kimia Farmasi, Farmasetika, Fitokimia, FRS & Komunitas, dan Farmakologi < gak kenal kan sama semuanya hehe

Sedikit tips nih dari saya, kalau kamu bingung pilih bidang yang mana, ya pilih sesuai hati dan passion kamu. Pilih bidang yang kamu inginkan sesuai dari lubuk hati yang paling dalam. Maksudnya disini tentang kamu lebih suka di bidang apa atau passion kamu di bidang apa. Kenapa tergantung hati dan keinginan kamu ? ya karna yang bakal ngejalanin kamu bukan orang lain jadi daripada kamu pilih bidang yang gak kamu kuasai dan malah nanti kamu nya uring-uringan waktu ngerjain mending pilih sesuai hati dan passion kamu.

Tanggal 8 maret lalu adalah akhir peminatan RUBI, dan saya pilih bidang farmasetika di pillihan pertama. Tanggal 15 lalu pengumuman pemilihan rubi dan pembimbing, alhamdulilah saya masuk ke bidang yang saya inginkan yaitu farmasetika dengan dosen pembimbing yang sangat bersahabat.

Kedepan nya saya mungkin mau bikin diary of kti, iseng aja itu juga kalo gak sibuk :D

You Might Also Like

0 komentar absurd

Sebaik-baiknya blogger adalah yang meninggalkan jejak komentar saat blog walking -HR Blogger
Jangan jadi fast reader!