Tips Menjalani Tugas Akhir

11:30 AM

source
Halo...

Baru aja kemarin bikin resolusi mau konsisten ngeblog eh sekarang udah ngelanggar dengan ninggalin selama kurang lebih sebulan. Maaf ya blog, gua cuti dulu sebentar karna ada tugas besar yang harus dikerjain.

Ketika udah memasuki semester akhir challenge yang banyak ditakuti orang-orang adalah Skripsi atau Tugas Akhir. Sebegitu menakutkan nya kah skripsi ? Kayaknya kalo disuruh milih takut sama cewek pms atau skripsi kita bakal milih takut sama cewek pms. Eh bener gak ?

Gua kuliah jurusan Farmasi, farmasi itu singkat nya tentang obat. Kuliah nya bukan sekedar teori tapi ada juga praktek, jadi skripsi nya juga ada yang gak di kerjain di lab dan ada yang dikerjain di lab. Kegiatan penelitian tugas akhir gua dikerjain di laboratorium kampus, jadi tiap rabu-jumat gua di lab karna senin-selasa kuliah. Penelitian gua udah jalan kurang lebih dua minggu, setelah gua jalani sejauh ini ternyata seru! See, gak selamanya Tugas Akhir itu menakutkan! Tips nya adalah Hadapi, Hayati, Cintai. Tips ini gua dapet dari dosen pembimbing tercinta.


Hadapi
Misalnya gini, lu dapet tugas sekolah yang sulit banget, udah dikerjain tapi gak selesai-selesai tapi lu coba selesain dan pahami apa isi tugas itu, terus lu disuruh presentasiin tugas nya di depan kelas. Bagi lu yang gak pernah tampil di hadapan orang banyak itu adalah bencana dan sebisa mungkin lu gak pengen hari itu ada, tapi kenyataan nya hari itu akan datang dan lu bakal presentasi di depan kelas. Sekeras apapun lu menghindar, sejauh apapun lu lari kunci untuk menyelesaikan nya cuma satu yaitu HADAPI. Gitu juga tugas akhir, sebelumnya gua ngehadapin KTI dan harus sidang, awalnya gua takut gak bisa dan rasanya gua pengen ngehindar dengan cara tidur gak bangun-bangun tapi itu gak mempan karna senyenyak apapun gua tidur pada akhirnya akan bangun dan harus sidang. Jadinya gua milih untuk HADAPI.

Hayati
Kegiatan apapun yang dilakukan dengan sepenuh hati efek samping nya gak akan berasa, sebaliknya kegiatan apapun yang dilakukan dengan setengah hati maka efek samping nya bakalan kerasa. Karna kegiatan yang dilakukan dengan sepenuh hati itu dengan cara menikmati kegiatan tersebut, tapi di Tugas Akhir ini menurut gua harus lebih idealis, dalam artian harus dapet hasil. Orang yang ngerjain sesuatu dengan sepenuh hati dan menikmatinya gak akan pernah ngeluh karna dia seneng ngejalaninnya.

Cintai
Apapun yang lu lakukan berusaha lah untuk mencintai nya, biar lu bisa pelajari lebih dalam apa yang sedang lu lakuin. Dengan mencintai nya lu bakalan dapet feel untuk lebih ngerti dan paham apa yang sedang lu lakuin. Begitu hal nya dengan Tugas Akhir, kalo gak dengan cinta lu gak bakalan ngerti dan paham apa yang harus dilakuin.


Bagi gua tips diatas cukup untuk lebih memacu kita ngerjain Tugas Akhir atau skripsi, bikin kita sadar untuk lebih fokus ngerjain Tugas Akhir. Jangan lupa untuk slalu berserah sama Allah dan ingat orang tua yang slalu berjuang untuk kita.

You Might Also Like

0 komentar absurd

Sebaik-baiknya blogger adalah yang meninggalkan jejak komentar saat blog walking -HR Blogger
Jangan jadi fast reader!