Pelajaran berharga dari sebuah kehilangan

10:57 PM


Di bulan April lalu jadi bulan bahagia karena sepupu saya menikah di tanggal sembilan tapi sekaligus jadi bulan yang cukup menyedihkan karena
untuk pertama kalinya dan(harus yang terakhir) saya mengalami tindak pencurian. Dompet saya hilang karena dicuri.

Maret dan April adalah bulan dimana saya ditempatkan pkpa di bagian farmasi komunitas yaitu Apotek. Bulan sebelumnya saya menyimpan tas sesuai instruksi yaitu di loker tapi karena bulan april itu yang pkpa penuh ditambah pegawai jadi saya lebih memilih menyimpan tas di luar loker tapi di tempat yang tersembunyi. Hari itu jadwal saya siang sampe malem, loker memang gak penuh tapi karena dari awal bulan April sering nyimpen tas di luar jadinya hari itu disimpen di luar.

Sekitar 15.30 tas emang terbuka soalnya abis ngambil sesuatu, saya tinggalkan tas di kursi ruang tunggu klinik yang mana dekat lawang pintu geser ruang apotek nya, karna saya mau ke musola yang letaknya di belakang yang mana kalau ada pengunjung yang mau ke toilet juga ke belakang dan akan ngelewatin ruang tunggu klinik.

Beres sholat saya liat lagi ada pengunjung tiga orang, dua ibu-ibu dan seorang bapak pasangan dari salah satu ibu-ibu tersebut. Salah satu pegawai lagi ngelayanin sepasang suami istri ini di swalayan, saya pakai sepatu di kursi tunggu ruang klinik dekat tas saya hanya berjarak dua kursi, saya gak merasa ada yang aneh saat itu, bapak-bapak yang tadi dilayani lagi duduk di belakang saya tapi kehalang kaca, gak lama dia nanya toilet ke salah satu karyawan, setelah ditunjukkan tempatnya dia gak langsung ke belakang ada jeda sekitar berapa belas detik. Bapak tersebut ke toilet dan melewati saya yang sedang duduk, kami saling bertatapan dan saya memperhatikan apa yang ia kenakan sampai warna pakaiannya. Masih gak ada perasaan aneh dan curiga.

Sekitar jam 16.30 saya ingin jajan dan mau ngambil uang di dompet, pas diraba ko gak ada. Saya nanya ke teh dini salah satu pegawai “teh ko dompet aku gak ada ya?” “masa ah, cari dulu di tas kalo gak ada ketinggalan mereun di kosan” saya sudah bongkar tas dua kali tetep gak ada tapi saya yakin bawa dompet, saya kadan orang nya suka gini “antara lupa dan yakin itu beda tipis”. Akhirnya saya menyetujui perkataan teh dini kalau dompet ketinggalan di kosan, jadilah saya yang tadinya mau jajan cuanki tapi gak jadi karna gak ada uang sama sekali.

Sekitar jam 20.00 teh dini yang saat itu udah pulang kirim dm ke instagram buat minta nomor wa, nelpon lah dia “Eka cepetan cek ig nya @infobandungraya disitu ada video rekaman cctv pencurian hp di salah satu apotek di tbb dan orang nya sama banget sama suami istri yang dateng ke apotek yang aku layani, cepetan cek cctv kali aja kepantau, aku takutnya dompet kamu dicuri”. KAGET tapi kayaknya muka aku biasa aja waktu itu. Saya langsung cek ig dan yakin banget kalau bapak-bapak yang ada di rekaman cctv itu adalah orang yang tadi sore kita bertatapan. Cie tatapan doang langsung inget gitu, Yailah plis bentar becanda nya ini pembaca lagi nunggu kelanjutannya.

Saya langsung cek ibanking DAAAAN JENG JENG...ADA 3 TRANSAKSI DEBET DI HARI ITU PADAHAL DARI PAGI SAMPAI ASHAR SAYA GAK PAKE ATM. Dari sini udah pasti kalau dompet gak ketinggalan di kosan. Saat itu juga saya langsung pergi ke polsek terdekat buat bikin laporan pencurian, eh sampe di polsek apa yang didapat ? NASEHAT DULU SOB baru dibikinin surat kehilangan, itupun kalau mau dilanjut jadi laporan pencurian harus ada bpkp karna salah satu barang yang hilang di dompet ada stnk nya. HUFT BANGET.

Waktu itu pergi ke polsek sekitar jam 21.00 dan beres sekitar jam 23.00 mana jalanan sepi jadi tiap ada motor di belakang saya langsung ngebut karena takut begal. Total kerugian kalo dibeliin mie ayam dapet lah 250 mangkok mah belum lagi kartu identitas yang-ribet-ngurusnya. Besoknya setelah kejadian itu saya mencoba biasa aja seolah gak ada yang terjadi tapi gak bisa, saya down beberapa hari.

Dari kejadian tersebut saya sadar kalau ini adalah peringatan dari Allah untuk lebih banyak sodaqoh dan jangan teledor. Saya juga belajar kalau seseorang itu salah dan dia sadar akan kesalahan dia, yang dia butuhkan bukan nasehat atau bacotan bijak orang-orang di sekitar nya tapi solusi.


Saya, Eka Rohaniah

Salam.

You Might Also Like

0 komentar absurd

Sebaik-baiknya blogger adalah yang meninggalkan jejak komentar saat blog walking -HR Blogger