Kapan Nikah ?

12:22 AM

source
Kapan Nikah ? Kapan Nyusul ? Kapan Kayak Gini ? Kapan Ke Pelaminan ? Kapan Ngundang ? STAAAP, PLEASE STOP THAT THE KEPOEST QUESTION IN THE WORLD.

Saya yakin kalian semua yang ada pada usia 22-28 tahun udah sering banget ditanya kayak gini. Entah itu oleh sahabat (seharusnya sahabat gak akan nanya gini sih), temen, orang lain, orang tua, keluarga daaaaan berbagai macam orang di dunia ini.

Buat kalian yang suka nanya (kecuali orang tua nya ya) tujuan kalian nanya itu apa ?
“Yaelah roh segitu doang diambil hati”
“Yaelah becanda kali”
Well apakah kalian udah kehabisan bahan becandaan saat itu ? saya jelasin dikit menurut pandangan saya ya. Nikah itu harus ada jodoh, sedangkan jodoh, maut dan rezeki itu rahasia Allah. Jadi yang bisa jawab “Kamu Kapan Nikah ?” itu ya Allah melalui waktu yang tepat. Apa hak nya kalian nanya kayak gitu ? Nanti juga kalau masing-masing pribadinya udah dipertemukan dengan jodoh nya ya bakal diundang juga kan?

Oke, Awalnya mungkin pertanyaan seperti ini adalah guyonan tapi pernah mikir gak sih sama perasaan orang yang ditanya hal ini ? Entah itu baru pertama kali nanya atau udah keseringan nanya, karena ada orang yang perasaannya sensitif dan enggak. Orang yang gak sensitif mungkin ketika ditanya hal itu mereka akan biasa aja tapi kalo orang yang perasaan nya sensitif atau lagi sensitif ketika ditanya hal itu emosi dan jiwa dia bisa aja terganggu.

Saya gak akan bicara bukti dari sebuah penelitian tapi ini saya alami sendiri. Dulu mungkin sekali dua kali saya pernah nanya ke teman kalau menghadiri pesta pernikahan “kamu kapan gitu ?” atau semacamnya, kemudian gak pernah lagi karena saya pikir “ngapain sih kepo gitu ?”.
Lalu sampai suatu waktu orang tua dan salah satu keluarga saya bertanya “kapan nikah ?” (fyi, saya udah punya pasangan yang emang punya komitmen untuk serius dan sudah punya rencana kapan tapi belum rinci) dan pertanyaan itu gak sekali dua kali tapi sering. Damn, saya kesel dan down sekitar beberapa minggu sampe akhirnya saya tanya ke orang tua “kenapa sih nanya kayak gitu ? tau gak aku sampe down ditanya itu terus”, sampai akhirnya orang tua jelasin kenapa nanya kayak gitu. Oke akhirnya saya paham kenapa mereka nanya gitu karena mereka ada tujuannya tapi apakah itu membuat mood dan jiwa saya pulih ? ENGGAK.
Karena seringnya pertanyaan “kapan nikah ?”  membawa saya berada pada tahap sensitif atas pertanyaan itu. Jadi, maaf maaf aja nih kalau ada teman atau orang lain yang secara langsung nanya hal itu, saya gak akan respon dengan candaan balik. Atau kemarin-kemarin ada yang saya biarin komen nya di instagram karena nanya “kamu kapan begini ?” di postingan foto nikahan sepupu.


Parah kan sampe down gitu ? Jadi mulai saat ini berhenti bertanya hal tersebut walaupun cuma bercanda, karena kamu gak pernah tau apa yang sedang orang tersebut hadapi selama ini. Saya menghimbau pada kalian yang masih nanya “kapan nikah ?” mending ganti aja jadi “semoga kamu dimudahkan jodohnya ya”. Lebih enak gak tuh didengernya ? Kata-katanya lebih positif dan secara gak langsung kita mendoakan orang tersebut, karena kata-kata yang positif akan merubah mood kamu menjadi lebih baik :)

Kalo kamu kesel gak ditanya hal itu ? Komen di bawah ya.



Saya Eka Rohaniah, 

Salam.

You Might Also Like

8 komentar absurd

  1. pernah ngalamin begini, karena terlalu sering emang bikin esmosi jiwa :D

    BalasHapus
  2. Pertanyaan kyk gtu kadang baa-basi, kadang becanda (tapi gak lucu), kadang serius nanya. Disenyumin aja andai ada yg nanya lg :D

    Btw dulu sblm nikah kyknya jg suka ditanyain gtu, apalagi kalau satu demi satu teman sepantaran nikah, kalau saya cuma ngaminin aja mointa doa hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya banget sih ini kalo temen2 sepantaran udah pada nikah dan kita belum pastinya pada nanya gitu :(

      Hapus
  3. Righhhttttt. Apalagi waktu kumpul sama keluarga atau ketemu temen yang udah lama nggak ketemu. I think is not "etis" question:((

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yesss, bukan pertanyaan yang harus ditanyakan, karena kepo gak harus segitunya :(

      Hapus
  4. K E S E L
    Mbak.....
    Aku cuman bisa doain aja, semoga "kisah" mbak jangan sampai sama dengan kisah aku sebelum nikah.
    Berdoa dan semangaaat ya.



    With Love, A
    Sepupu mu yg foto nya terpampang di halaman ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wadududu yang ada di foto muncul hahaha
      Thanks for being support system in my life :)

      Hapus

Sebaik-baiknya blogger adalah yang meninggalkan jejak komentar saat blog walking -HR Blogger